Lampu atau LED: Proyektor Mana yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Banyak proyektor data dengan berbagai tipe sumber cahaya yang kini bermunculan: meskipun iluminasi lampu busur memberikan kecerahan yang cukup, namun teknologi LED baru tanpa lampu memberikan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Sumber Cahaya: Lampu vs. LED

Istilah “Peduli lingkungan” memiliki arti baru jika membicarakan tentang membeli proyektor data, karena Anda dapat memilih di antara unit konvensional dengan sumber cahaya lampu dan unit yang menggunakan teknologi LED baru “tanpa lampu”. Keduanya mendukung teknologi optik DLP dan LCD, jadi, bagaimana Anda memutuskan mana yang akan dipilih untuk perusahaan Anda?

Untuk mengambil keputusan yang cerdas, Anda harus lebih memahami bagaimana cara kerja masing-masing teknologi dan apa kelebihannya.

Cara Kerja: Proyektor Lampu Konvensional

Di proyektor DLP, cahaya dari lampu busur diarahkan ke permukaan chip DLP—di mana ada cermin kecil (satu cermin untuk setiap piksel) yang bergerak maju mundur, dan mengarahkan cahaya menuju atau menjauh dari jalur lensa. Proyektor LCD menggunakan pendekatan yang berbeda, yaitu menggunakan lampu atau LED, yang memiliki jutaan panel kristal cair sehingga memungkinkan cahaya menembusnya.

Lampu konvensional memancarkan cahaya putih dan memisahkan panjang gelombang primer, merah, hijau dan biru (RGB) menggunakan elemen optik khusus yang disebut filter dikromat. Panjang gelombang RGB dan intensitas iluminansinya dikontrol secara terpisah untuk setiap piksel (elemen gambar). Cahaya yang telah dikontrol tersebut kemudian akan menembus panel LCD, ini disebut dengan teknologi transmisi, atau dipantulkan oleh cermin kecil pada DLP, ini disebut dengan teknologi reflektif.

Cara Kerja: LED

LED mengirimkan cahaya melalui tiga panel LCD, masing-masing memiliki ribuan (atau jutaan) kristal cair yang dapat disetel ke posisi buka, tutup, atau setengah membuka sehingga cahaya dapat menembusnya.

LED adalah elemen RGB yang menghasilkan panjang gelombang primer untuk mesin optik 3LCD atau DLP. Lampu konvensional memberikan kecerahan yang baik, namun tidak bertahan lama seperti LED dan perlu diganti, ini berarti total biaya perawatan lebih mahal.

LED Kini Lebih Kuat

Beberapa proyektor jenis baru menggunakan LED berkekuatan tinggi sebagai sumber iluminasi. LED adalah singkatan dari “light emitting diode,” dan sesuai artinya, LED menjadi sumber cahaya elektroluminesens—jadi Anda tidak perlu menggunakan lampu konvensional.

Proyektor LED “tanpa lampu” terbaru memproyeksikan data satu tingkat lebih tinggi, dengan menembakkan lumen lebih dari 1.000 ANSI, sehingga menghasilkan gambar yang sungguh luar biasa. Alat yang mutakhir ini menggunakan sumber cahaya LED tiga warna yang canggih untuk menghasilkan kisaran warna yang menakjubkan, dengan warna merah, hijau dan biru yang lebih baik. Yang terpenting bagi para pengguna di lingkungan bisnis, kestabilan gambar yang dihasilkan proyektor LED, warna saturasi, dan tayangan diagram bisnis dan konten yang kaya warna serta akuran memungkinkan penyaji untuk fokus pada pesan yang ingin disampaikan. Dan jika berbicara tentang warna, proyektor LED termasuk “ramah lingkungan”—bebas dari bahan berbahaya, dan mematuhi arahan RoHS, standar limbah elektronik yang diterapkan di Uni Eropa.

Hemat Listrik dan Awet

Anda pasti akan senang mengetahui bahwa proyektor LED lebih hemat listrik daripada unit dengan lampu konvensional, diperkirakan lebih hemat 30 persen. Fitur hemat listrik cerdas lainnya yang harus diteliti: mode standby dengan restart yang cepat dan kecerahan adaptif berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Anda juga akan menghemat uang jika menggunakan sumber cahaya ini, karena LED dapat digunakan hingga 30.000 jam atau lebih (sekitar 20 tahun), sehingga tidak perlu repot mengganti lampu yang harganya mahal. Dan Anda tidak perlu menunggu hingga sumber cahaya panas atau dingin.

Tidak Ada Pilihan yang Salah

Proyektor dengan lampu konvensional maupun LED memiliki kelebihan masing-msaing. Namun, apa pun pilihan yang Anda putuskan, Anda akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik yang belum pernah ada sebelumnya. Saat Anda berdiri di depan sekelompok orang dan menyajikan presentasi, dipastikan Anda akan mengagumi kualitasnya—dan yang terpenting, audiens Anda juga akan mengetahui perbedaannya.

Sumber : http://www.samsung.com/id/discover/lamp-or-led-which-projector-is-right-for-your-business/

Tag; Lampu Proyektor, Lampu Projector; infocus, epson, sony, panasonic, NEC, microvision, murah.

 

Butuh lampu proyektor murah dan berkualitas, silakan hubungi 085781335733 (Krisna Budiman)

Bagikan artikel ini

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*